Hanya dengan Kamera HP, Inilah Tips Foto Long Exposure Profesional yang Mudah

Cekkuota3.com | Hanya dengan Kamera HP, Inilah Tips Foto Long Exposure Profesional yang Mudah – Pada saat mengambil foto atau gambar pastinya ada banyak sekali trik yang bisa membuatnya jadi semakin menarik, salah satunya adalah long exposure alias garis cahaya. Ya, untuk mengambil foto jenis ini umumnya dilakukan saat malam hari dan buat tekniknya pun semakin tricky.

Tapi, yang jadi pertanyaan di sini adalah apakah foto long exposure dapat diambil dengan kamera hp? Pastinya bisa dong! Namun di sini Anda hanya perlu perhatikan beberapa tips berikut ini.

Baca juga: Tips Menambah Masa Aktif XL dan Axis Tanpa Menggunakan Pulsa

Baca juga: Paket Modal Jempol Telkomsel Super Hemat 5 GB Hanya Rp 10

Tips Foto Long Exposure Profesional yang Mudah

Tips Foto Long Exposure Profesional yang Mudah

Siapkan aplikasi pihak ketiga

Tips yang pertama adalah menyiapkan aplikasi pihak ketiga di hp Anda. Di sini Anda bisa download berbagai aplikasi seperti AZ Camera – Maual Pro Cam, Camera FV-5, Footec Camera, dan lain sebagainya. Pastikan juga aplikasi tersebut memiliki mode manual.

Tripod adalah hal yang wajib

Jika memang tidak mempersiapkan dari awaln, pastinya hasil foto lng exposure yang Anda buat akan gagal. Sebab mengambil foto long exposure ini butuh waktu lama. Jadi, kamera Anda tidak boleh goyang sedikit pun. Selain tripod, Anda juga bisa gunakan GorillaPod atau benda lainnya yang bisa buat kondisi hp statis atau diam ketika Anda mengambil foto.

Mengubah ke mode manual

Harus Anda tahu nih, meskipun mode otomatis jauh lebih mudah dan cepat digunakan, akan tetapi pada kenyataannya hal tersebut pasti kurang cocok digunakan untuk foto long exposure. Nah, pada mode manual ini Anda bisa lebih bebas atur settingan kamera, mulai dari ISO, kecepatan shutter, dan bukaan lensa. Makanya sejak awal jangan lupa pastikan aplikasi pihak ketiga sudah mendukung model manual.

Baca juga: Cara Membuat Smartphone Menjadi Modem di PC

Atur shutter speed, aperture, dan ISO

Pada shutter Anda bisa atur paling lambat hingga 30 detik atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan foto yang diinginkan. Aperture sendiri mengatur bukaan lensa untuk atur jumlah cahaya yang jatuh ke sensor. Selain itu, atur juga ISO tinggi untuk mendapat cahaya yang cukup. Atur pada angka 1.600 atau 3.200 untuk tetap mendapat detail secara jelas. Perlu diingat juga bahwa semakin tingginya ISO yang digunakan, maka bisa menambah noise pada hasil foto Anda.

Menyiapkan pencahayaan tambahan

Untuk atasi noise yang terjadi pada ISO tinggi, Anda bisa gunakan pencahayaan tambahan. Di sini Anda bisa gunakan senter atau pun LED Flash yang ada pada hp Anda. Tak hanya bisa kurangi noise yang telah dihasilkan pada ISO tinggi, tetapi pencahayaan tambahan juga bisa tingkatkan detail foto. Caranya adalah dengan menembakkan cahaya ke beberapa tempat gelap dan kurang mendapat pencahayaan.

Baca juga: 4 Cara Cek Kuota XL Paling Mudah dan Terbaru 2018

Baca juga: Kuota Internet Gratis 3 (Tri) 1 GB Untuk Pecinta Yutube

Nah, itulah tips foto long exposure profesional yang mudah bisa kami informasikan kepada Anda. Semoga bisa bermanfaat.

Hanya dengan Kamera HP, Inilah Tips Foto Long Exposure Profesional yang Mudah | Cekkuota3.com | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!