Cara Mengatasi Sinyal Hilang Pada Smartphone Android

Cara mengatasi sinyal hilang | Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi telekomunikasi, terutama Smartphone berbasis Android tidak dapat dibendung lagi. Akses komunikasi yang dahulunya susah dilakukan sepertinya sekarang ini bukan perkara yang sulit. Hal ini mengingat perkembangan signal dari EDGE menjadi 3G dan 4G LTE nampaknya sudah berhasil merubah wajah komunikasi di Indonesia.

Berbicara tentang signal memang tak bisa lepas dari Smartphone dan jaringan Internet, mengingat kedua perangkat ini sangat dominan dalam memberikan dampak terbesar terhadap era komunikasi gadget.

Zaman dahulu mungkin orang berfikir kalau jaringan 3G adalah segalanya, tetapi sejak munculnya sinyal 4G LTE yang dapat mengirim data dengan kecepatan hingga 100MB/s, nampaknya orang-orang semakin menyadari bila perkembangan sinyal semakin tahun semakin canggih.

Baca juga: Cara Membuat Smartphone Menjadi Modem di PC

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Di Android

Cara mengatasi sinyal hilang

Akan tetapi ada beberapa kasus yang kerap dialami oleh para pemakai Smartphone di Indonesia, mereka mengeluhkan adanya sinyal di perangkat smartphone yang secara tiba-tiba menghilang dan gagal koneksi.  Hal ini memang dapat terjadi karena berbagai faktor, nah untuk mengetahui hal tersebut, mari kita simak ulasan cara mengatasi sinyal hilang berikut ini.

Penyebab Sinyal Smartphone Tiba-Tiba Hilang

Pada umumnya banyak faktor yang menjadi penyebab sinyal di perangkat smartphone anda tiba-tiba hilang, bisa karena perangkat mengalami error atau bisa juga karena gagal system, nah berikut ini pemicu umum mengapa sinyal smartphone tiba-tiba hilang

  • Perangkat Smartphone anda error (karena jatuh atau basah)
  • Settingan signal di perangkat Smartphone anda hanya suport jaringan 3G saja
  • Jaringan sinyal operator di wilayah anda sedang mengalami kerusakan, sehingga signal tidak stabil
  • Sinyal hilang juga bisa dikarenakan oleh cuaca yang biasanya karena hujan petir sehingga membuat signal smartphone menjadi lemah
  • Terdapat kerusakan hardware atau software pada Smartphone anda
  • Installasi aplikasi pihak ketiga yang pada Smartphone anda membuat masalah
  • Perbaikan jaringan signal dari operator

Tips Mengembalikan Sinyal Smartphone yang Hilang

Adapun beberapa cara mengatasi sinyal hilang pada smartphone anda bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

1. Masuk ke Airplane Mode

Cara ini yaitu dengan masuk ke mode airplane selama beberapa saat, fungsi dari mode airplane adalah untuk merefresh signal agar dapat kembali tersambung pada perangkat smartphone anda.

2. Lepas dan Cek SIM Card

Dengan melepas dan mengecek simcard, anda bisa mengetahui penyebab hilangnya signal pada smartphone, kasus ini sering terjadi karena posisi sim card tidak terpasang secara benar.

3. Gantilah Pengaturan Mode Penerimaan Jaringan

Mengganti pengaturan mode penerimaan jaringan merupakan cara yang tepat untuk memperbaiki signal smartphone yang hilang secara tiba-tiba. Cara mengatasi sinyal hilang ini untuk memancing semua jaringan operator masuk ke perangkat anda, adapun cara melakukan pergantian mode penerimaan jaringan di smartphone adalah sebagai berikut :

  • Masuklah ke Menu Settings
  • Wireless & Networks
  • Mobile Network
  • Network Mode
  • Tampilan opsi penerimaan sinyal (WCDMA Only (HSDPA), GSM Only, atau WCDMA Prefered).
  • Pilihlah GSM only atau WCDMA prefered

4. Factory Reset

Apabila semua cara mengatasi sinyal hilang diatas tidak juga berhasil, maka anda harus melakukan setting ke pengaturan pabrik atau factory reset. Akan tetapi sebelum melakukan factory reset, ada baiknya anda membackup data smartphone terlebih dahulu.

Baca juga:Cara Menghemat Kuota di Android yang Harus Anda Ketahui

Demikianlah ulasan singkat tentang cara mengatasi sinyal hilang yang bisa anda lakukan. Semoga ada manfaatnya untuk kita semua. Selamat mencoba.

Loading...
Cara Mengatasi Sinyal Hilang Pada Smartphone Android | Cekkuota3.com | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!