Cara Mengatasi Baterai Hp Kembung yang Harus Diketahui

Cara mengatasi baterai hp kembung | Baterai handphone yang berubah menjadi kembung merupakan salah satu momok yang menakutkan bagi setiap pemakainya. Baterai yang kembung  memiliki ukuran hingga dua kali lipat lebih besar dari ukuran normalnya, sehingga membuat ketidaknyamanan dan bahaya yang bisa mengintai kapan saja.

Agar smartphone anda di kemudian hari tidak memperoleh masalah yang tidak di inginkan. Oleh karena itu, lewat artikel ini kami akan memberikan tips cara mengatasi baterai hp kembung supaya tetap prima, dan tidak mudah mengembung.

Baca: Cara Menghemat Kuota di Android yang Harus Anda Ketahui

Penyebab Baterai Kembung

Baterai HP yang kembung bisa dipicu oleh berbagai macam masalah. Beberapa poin berikut ini mungkin pernah anda lakukan, dan sudah dapat dipastikan perilaku tersebut akan menjadikan baterai anda menjadi rusak.

  • Membiarkan smartphone di-charge terlalu lama.
  • Menelepon sambil di-charge.
  • Membiarkan HP pada suhu yang ekstrem.
  • Faktor usia menjadi pemicu paling umum yang menjadikan baterai menggembung.

Beberapa masalah diatas sebisa mungkin untuk anda hindari, karena baterai (terutama Lithium Ion) mempunyai struktur yang kurang stabil. Baterai Li-Ion memang mempunyai fleksibilitas yang tinggi untuk dipakai di berbagai merk  gadget, tetapi ia mempunyai kekurangan yakni celah yang sempit antara sel dengan cover luar. Disamping itu, baterai jenis ini didalamnya juga mempunyai tekanan.

Baca: Cara Transfer Kuota Indosat Terbaru 2018

cara mengatasi baterai HP kembung

Cara Menangani Baterai Hp Yang Melembung

Apabila HP anda sudah terlanjur mengalami pembengkakan, maka langkah-langkah penting berikut ini cara mengatasi baterai HP kembung yang harus anda lakukan, antara lain:

1. Jangan Charge Atau Menggunakan HP

Yang harus anda perhatikan bila memiliki baterai yang kembung yaitu sangat rentan terhadap resiko ketika digunakan. Batre akan menjadi lebih berbahaya saat di-charge karena keadaan di dalamnya yang sangat tidak stabil. Bila anda tetap membandel, maka siap-siap saja untuk mengalami kebocoran  baterai  bahkan bisa meledak.

2. Cabut Baterai Dari HP

Baterai yang mengalami pembengkakan  kemungkinan besar akan menjadi lebih besar di kemudian hari. Oleh karena itu, bila anda ingin menjaga kondisi hardware smartphone agar tidak terpengaruh, ada baiknya cabutlah baterai dari smartphone anda.

Langkah ini perlu dilakukan karena baterai yang kembung bisa menekan rangka di sekelilingnya sehingga bisa merusak  hardware smartphone. Terlebih bila baterai tertusuk oleh komponen hardware sehingga menyebabkan kebocoran.

Jika smartphone dan baterai anda tipenya non-removable, bawalah pada ahlinya untuk melepasnya. jangan mencoba untuk mencabutnya sendiri karena bisa menghilangkan garansi, atau bahkan menciderai anda nantinya.

3. Jangan Buang Baterai Sembarangan

Ini adalah poin yang harus anda perhatikan. Hindarilah membuang baterai yang sudah menggelembung secara sembarangan. Memang di Indonesia belum ada tempat khusus penglolaan sampah elektronik, terlebih sampah baterai. Namun bukan berarti anda dapat membuang baterai bekas dimana saja.

Baterai harus medapatkan perhatian lebih, dengan cara disimpan ditempat khusus, atau  dibuang secara kolektif. Yang penting jangan sampai dibuang ketempat sampah, karena sampah biasanya rutin dibakar.

Baca: Cara Membuat Smartphone Menjadi Modem di PC

Cara Menghindari Baterai Melembung

Jaga Baterai Tetap Dingin

Baterai yang awet adalah baterai yang berada didalam suhu yang wajar, karena suhu yang terlalu panas bisa memicu kerusakan pada baterai. Jangan meninggalkan gadget didalam mobil atau pemakaian hp dalam ruangan yang minim ventilasi. Disamping itu, baterai juga tidak baik disimpan dalam ruangan terbuka saat siang hari yang terik.

Pakailah Charger yang Berkualitas

Charger yang baik adalah charger bawaan  saat pertama kali membeli smartphone. Akan tetapi bila anda terpaksa untuk memakai charger merek lain, maka pastikanlah untuk memeriksa kualitasnya. Hal ini karena diluar sana sangat banyak sekali charger murah dengan kualitas yang tidak bagus. Selain beresiko terhadap daya tahan baterai,  charger ini juga berpotensi membahayakan diri anda.

Jangan Dibiarkan Terus Di-Charge

Disarankan untuk tidak terlalu sering men-charge baterai HP, karena baterai memiliki umur dan rentang ideal dalam kapasitas charge. Semakin sering anda men-charge baterai maka umurnya akan semakin cepat berkurang. Selain itu, jangan pernah membiarkan smartphone tersambung ke listrik terlalu lama padahal sudah penuh.

Ganti Baterai Bila Diperlukan

Seiring bertambah usia, maka kualitas dari baterai akan terus menurun. Melakukan pergantian baterai baru adalah langkah yang tepat, karena baterai usang mempunyai resiko yang selalu mengintai. Namun, perlu diperhatikan untuk selalu memakai baterai yang original, jangan sampai tergiur dengan harga murah tetapi tak berkualitas.

Baca: Cara Daftar TM Simpati Untuk Semua Wilayah Indonesia

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara mengatasi baterai hp kembung yang wajib anda ketahui. Semoga ada manfaatnya, dan jangan lupa di share pada teman-teman yang lain juga yah. Selamat mencoba.

Loading...
Cara Mengatasi Baterai Hp Kembung yang Harus Diketahui | Cekkuota3.com | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!